Penyebab Hasil Sablon Rontok

Bagi para sabloner tentu sudah sering menemukan kendala dalam proses sablon khususnya sablon kaos, salah satunya adalah ketika kita mendapatkan hasil sablon yang kurang memuaskan bahkan gagal total, entah itu sablonan tembus ke bagian dalam kaos, tinta sablon yang meluber atau mbleber, tinta mampet di screen, afdrukan jebol sehingga harus memulai dari awal lagi, bahkan hasil sablon luntur atau rontok pada saat test pencucian.
Lalu bagaimana kita mengantisipasi hal tersebut agar tidak terulang lagi? Jawabannya kembali ke "JAM TERBANG".
Yak betul sekali!! dalam dunia sablon manual tidak ada istilah ahli atau master, semua kembali kepada proses atau jam terbang. semakin sering kita melalui proses belajar itulah maka kita akan semakin mengenal karakter dari semua masalah tersebut.

Lalu apa saja hal-hal yang sering menyebabkan kerontokan pada hasil sablon? banyak faktor penyebabnya. beberapa hal dapat menyebabkan sablonan luntur atau rontok:

1. Terlalu banyak campuran pigment atau pewarna pada tinta (rubber, super white, dll.)
Tidak ada takaran yang pasti dalam pencampuran pigment atau pewarna pada tinta atau pasta, namun usahakan prosentase pigment maksimal 10% dari jumlah tinta / pasta yang kita gunakan. karena pigment yang terlalu banyak/ berlebihan dapat melemahkan ikatan senyawa pigment tersebut terhadap tinta yang kita gunakan, sehingga akan terjadi kerontokan atau kelunturan warna akibat ikatan yang tidak sempurna.

Memang kadangkala kita sulit menemukan warna yang diinginkan, namun sebenarnya warna akan keluar ketika sudah diaplikasikan pada bahan yang akan disablon, atau mungkin warna baru akan keluar setelah melalui finishing hot press. Maka kita harus sering melakukan simulasi pada tahap pencampuran warna ini.
contoh: ketika mencari warna merah cabe seringkali kita merasa sudah mencampurkan banyak pigment namun warna merah yang dihasilkan masih terlalu muda karena bercampur dengan rubber yang warnanya putih. oleh karena itu sebaiknya kita selalu melakukan simulasi pada bahan/media yang akan disablon agar mendapatkan hasil yang mendekati akurat dan jangan lupa konsultasikan kepada SPS tempat anda berbelanja bahan sablon :)

2. Tinta tidak senyawa.
Hal ini sering terjadi ketika kita ber'eksperimen untuk menggunakan beberapa jenis tinta berbeda pada sebuah proses sablon. Nah penumpukan tinta yang tidak senyawa inilah yang dapat menyebabkan hasil sablon rontok karena ikatan yang tidak sempurna pada tinta sablon yang kita gunakan.

3. Finishing
Proses finishing ini adalah hal yang sangat penting dalam proses sablon, sehingga kita harus benar2 melakukan proses ini dengan baik. Dalam hal ini adalah proses pemanasan.
Proses pemanasan ini dapat dilakukan dengan menggunakan Hot Press atau setrika. Idealnya tinta sablon akan mencapai keadaan matang pada suhu minimal 120*. untuk tinta rubber biasanya finishing dengan hot press pada suhu sekitar 120* dengan waktu sekitar 30 detik. atau 160*-180* untuk tinta plastisol. (untuk tinta plastisol sebaiknya pengeringan dengan menggunakan curing. atau pengeringan sementara menggunakan hot gun sebelum di press dengan mesin hot press.)

Demikian beberapa hal yang dapat menyebabkan hasil sablon rontok atau kurang maksimal. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berlatih dan minum milo setiap hari sob..
Salam Gesut.

10 Responses to "Penyebab Hasil Sablon Rontok"

  1. Terimakasih sangat bermanfaat, ternyata seperti itu.hmm kunjungi juga ya http://www.temanberbagi.com/2015/10/cara-mencampur-warna-sablon.html :D

    ReplyDelete
  2. Mau tanya nih...kalau sehabis afdruk kemudian disemprot tapi sulit sekali hilang bagian yang seharusnya rontok... Mohon solusinya...

    #maklumpemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kelamaan pas ngejemurnya jadinya kematangan

      Delete
  3. kami ada kaos polos dengan harga grosiran dan jasa print kaos berkualitas tanpa minimal order.

    ReplyDelete
  4. mas mau tanya, saya nyablon jaket hitam di sablon warna putih, pas sebelum di press warna bagus, saya press di suhu 140 selama 15 detik, setelah di press masih bagus, besok nya kenapa warna nya jadi kecoklatan? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  5. cara membuat TINTA SABLON ?
    Rubber ?
    Email ke syahrulwins@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Sablon pigment
    Soal sablon pigmen pada kaos putih. Bagaimana kekuatan nya gan. Kuat tahan lama apa mudah luntur mengelupas ya

    ReplyDelete
  7. ilmunya sangat bermanfaat terimakasih atas sharing ilmu tentang Jasa Sablon Kaos

    ReplyDelete
  8. thanks artikelnya sangat menarik dan bermanfaat. Kunjungi juga website kami https://jasasablonkaosjogja.com/

    ReplyDelete