Cara Afdruk Film Sablon

Halo sob.., ketemu lagi di blog Cara Sablon Kaos.
Kali ini kita akan membahas cara afdruk film sablon sob.
Afdruk adalah suatu proses pemindahan artwork atau desain dari master atau film sablon ke dalam screen melalui proses penyinaran atau pencahayaan.

Beberapa hal yang perlu dipersiapan untuk proses afdruk antara lain:

1. Obat afdruk / emulsi afdruk
Obat afdruk / emulsi afdruk / photo emulsion ini biasanya dijual sudah satu paket dengan sensitizer (obat peka cahaya).
obat afdruk ini banyak macamnya, dan beredar di pasaran dengan berbagai merek.
pilih sesuai kebutuhan, untuk sablon waterbased, solven base, atau sablon tinggi (high density).
konsultasikan dengan SPS tempat anda membeli alat dan bahan sablon.

obat afdruk waterbase untuk sablon basis air, biasanya digunakan untuk sablon di atas media bahan textile, seperti kaos, kemeja, spanduk, dll.
obat afdruk waterbase ini biasanya beredar dengan kode huruf, contoh: bremol TEX, ulano TZ, PhotoXol TS, dll.
  




obat afdruk solven base untuk sablon basis minyak, biasanya digunakan untuk sablon di atas media kertas, plastik atau logam, seperti undangan, stiker,dll.
obat afdruk solven base ini biasanya beredar dengan kode angka, contoh: Ulano 122, Ulano 133, PhotoXol 199, dll. 


2. Coater / Penyaput obat afdruk

Coater almunium adalah alat yang akan kita gunakan untuk menyaput atau mengoleskan obat afdruk di atas permukaan screen. Jika tidak ada coater bisa digunakan kartu perdana atau kartu ATM bekas atau penggaris mika sebagai alternatif, namun sangat direkomendasikan untuk menggunakan coater agar hasil rata.




3. Hair Dryer / pengering mbut
Walaupun kita mau nyablon bukan mau nyalon, tapi gak papalah pake hair dryer. ente pinjem dulu sebentar punya bini atau emak ente :p Tapi kalau nggak ada hair dryer bisa menggunakan kipas angin sebagai pengganti. Hair dryer ini akan kita gunakan untuk mengeringkan screen setelah dioleskan obat afdruk.




4. Meja Afdruk
Meja afdruk merupakan sebuah meja tempat kita melakukan afdruk film sablon. meja ini seperti meja pada umumnya, namun terdapat lampu neon, atau lampu UV, atau bohlam sebagai sumber cahaya untuk kita melakukan penyinaran film sablon. proses inilah yang dinamakan proses afdruk atau expossure. meja sablon ini kita sesuaikan ukurannya dengan ukuran screen sablon yang akan kita gunakan.

O iya, meja afdruk ini optional sob, karena kita juga bisa melakukan proses afdruk dengan menggunakan cahaya matahari dengan catatan proses afdruk dilakukan pada siang hari saat matahari bersinar terik rentang antara pukul 11 sampai pukul 3 sore.

Perbedaan proses afdruk menggunakan meja dan menggunakan matahari hanya terletak pada waktu penyinaran dan posisi urutan tumpukan screen dan desain.

5. Busa seukuran screen
Busa berfungsi sebagai penekan kain screen dari dalam agar kain screen menempel rapat pada desain sehingga tidak ada ruang udara yang dapat menyebabkan distorsi dan miss register pada desain.

6. Kaca Bening
Siapkan kaca bening seukuran screen, fungsinya adalah sama seperti busa namun kaca bening ini akan menekan dari bagian luar screen. Kaca harus bening agar tidak mengurangi kualitas cahaya atau sinar.

7. Papan Triplek
Papan berfungsi untuk menekan busa, sehingga tekanan merata di seluruh permukaan area screen.

8. Pemberat
Pemberat berfungsi untuk menekan papan yang terletak di atas busa.


Itulah beberapa alat dan bahan yang harus kita persiapkan untuk melakukan proses afdruk film sablon.
Sekarang mari kita bahas prosesnya.

Proses Afdruk

1. Pertama-tama akan kita buat formulasi obat afdruk.
Campurkan obat afdruk dan sensitizer dengan perbandingan 10:1 dalam sebuah wadah (jumlah sesuaikan dengan keperluan screen yang akan digunakan).  aduk sampai rata kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai gelembung udaranya hilang.





2. Siapkan screen yang bersih. cuci dulu dengan sabun colek luar dalam bagian screen untuk menghilangkan noda minyak yang mungkin ada di permukaan screen. Kemudian keringkan hingga benar-benar kering.









3. Mulai oleskan secara merata obat afdruk yang tadi sudah kita buat. oleskan pada bagian dalam dan luar screen. Yang harus diperhatikan dalam tahap ini adalah pengolesan harus tipis dan merata ke seluruh permukaan screen. Pengolesan bisa dilakukan dengan menggunakan coater atu kartu perdana SIM card.













4. Keringkan screen yang telah dioleskan obat afdruk hingga benar-benar kering sempurna. gunakan hair dryer agar lebih cepat kering.
NB: mulai tahap ini harus dilakukan dalam ruangan yang miskin cahaya, gelap atau remang-remang. jangan sampai permukaan screen terpapar cahaya atau sinar yang mengandung ultra violet (UV).



5. Siapkan desain
untuk proses afdruk menggunakan meja afdruk desain diprint posisi normal. sedangkan untuk proses afdruk menggunakan cahaya matahari desain diprint posisi mirror atau terbalik.
Setting atau sesuaikan posisi desain dengan posisi kaos yang akan disablon. Tahap setting ini berbeda-beda sesuai dengan teknik dan meja sablon yang akan digunakan.












  •  Afdruk menggunakan meja afdruk
Atur urutan sebagai berikut (dari bawah ke atas):
meja afdruk
desain (posisi normal)
screen
busa
papan
pemberat

lama waktu penyinaran pada proses afdruk menggunakan lampu atau meja afdruk disesuaikan dengan jumlah lampu, watt, jarak lampu ke kaca atau permukaan screen, dan tergantung obat afdruk yang digunakan. (konsultasikan dengan SPS tempat anda membeli obat afdruk).
pengalaman saya, waktu penyinaran dengan menggunakan 5 buah lampu neon 20 watt, sekitar 10 menit.

  • Afdruk menggunakan sinar matahari
Atur urutan sebagai berikut (dari bawah ke atas):
papan
busa
screen
desain (posisi mirror atau terbalik)
kaca bening
sinar matahari

lama waktu penyinaran menggunakan cahaya matahari berkisar antara 8 sampai 12 detik.




6. Setelah penyinaran selesai dilakukan, diamkan sebentar sekitar 2 menit kemudian rendam atau siram bagian luar dan dalam screen selama 2 menit.

7.
Mulailah melubangi pola atau desain yang telah terbentuk melalui proses afdruk tadi menggunakan tudor atau semprotan burung atau bisa juga menggunakan jet washer untuk proses yang lebih cepat.






8. Keringkan screen mengunakan hair dryer atu kipas angin sampai benar-benar kering sempurna.

9. Tusir. Perhatikan lagi hasil afdrukan, apakah masih ada yang bolong-bolong atau jebol sedikit-sedikit, jika ada lubang-lubang kecil yang tidak diinginkan atau tidak sesuai desain, maka tusir atau tambal lubang itu menggunakan sisa obat afdruk tadi. tusir menggunakan tusuk gigi atau cotton bud atau batang korek api. kemudian keringkan lagi.

10. Oleskan harter atau obat penguat afdrukan lalu keringkan atau jemur hingga kering sempurna. harter atau penguat afdrukan berfungsi sebagai penguat agar afdrukan tidak jebol dalam proses penyablonan.












11. Screen siap digunakan untuk proses sablon.

Kata sambutan dari ane:
Jadi logika intinya, print desain yang hitam pekat tersebut menutupi atau menghalangi cahaya ke screen. sehingga bagian yang tidak tertutupi print desain akan mengeras karena obat afdruk yg telah bercampur sensitizer atau obat peka cahaya di screen tersebut bereaksi terhadap cahaya. sedangkan yg tertutup desain akan tetap rapuh (tidak mengeras) karena obat afdruk tidak bereaksi terhadap cahaya, sehingga mudah bolong saat disemprot.

Sekian dan Terima gaji.

sumber gambar: gugling di yahoo. :p (blog kambinglaut, toko dani, roch design, alatsablon,dll)

18 Responses to "Cara Afdruk Film Sablon"

  1. terima kasih atas pelajaran dan pengajarannya, sob
    jazakallh...

    ReplyDelete
  2. Ilmu yg brmanfaat adlah ilmu yg d share k orng lain .. mntaappp gan

    ReplyDelete
  3. Muantappp infonya mas, saya mau tanya nih kalau cat sablon sudah kering itu biasanya pakai apa ya agar kembali cair ?

    ReplyDelete
  4. Haturr nhun kang info ny sngat brmnfaat ...

    ReplyDelete
  5. mantap kaka. saya juga ingin coba buat tutorial sederhana untuk proses sablon kaos manual dengan caraku sendiri.. hhe
    www.sablonmurahcikarang.com
    www.sablondisiniaja.com

    ReplyDelete
  6. permisi gan mau nanya dalam proses pembuatan afruk lampu berapa watt yang digunakan trus jarak antara lampu dengan kaca berapa dan bisakah menggunakan lampu selain lampu neon misalnya lam-pu led tube ?

    ReplyDelete
  7. mantab.....langsung praktek boz

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah sdh saya coba dan brhasil...makasih bro...smoga ilmunya barokah. Amin

    ReplyDelete
  9. Bagus bagus. Sangat membantu gan

    ReplyDelete
  10. makasih banget gan ilmunya..semoga jadi lahan ibadahnya agan.
    aamiin

    ReplyDelete
  11. bagus banget blognya, infonya detail dan sangat jelas, trims byk gan... boleh save utk file sendiri kan gan? tapi kok ga bisa dicopas ya?..hiks,...hiks

    ReplyDelete
  12. Cara membuat Film Sablon, cara sablon, cara "--Membuat TINTA Sablon--" Bandung, email syahrulwins@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Master mohon bimbingan.
    Meja afdruf sablon lampunya pakai tl yang led apa bisa?

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete